Cara Supaya WhatsApp Tidak Boros Baterai

Aplikasi WhatsApp memang sering sekali digunakan untuk komunikasi dimanapun kamu berada dengan mengandalkan koneksi internet. Dalam aplikasi WhatsApp ini tidak hanya untuk pesan teks saja tapi juga bisa kirim gambar, video, data, lokasi dan kontak temanmu.

Penggunaan aplikasi yang berlebihan maka akan membuat boros baterai. Selain aplikasi juga ada pengaruh pada penggunaan internet melalui paket data atau WIFI. Kalau kamu menggunakan paket data seluler maka baterai juga cepat habis, berbeda dengan kamu menggunakan WIFI. Selain itu kamu juga harus perhatikan penggunaan aplikasi WhatsApp yang tergolong memakan banyak tempat dan pemborosan baterai. Bagaimana cara agar WhatsApp tidak boros baterai?

Begini Cara Mengatasi Supaya WhatsApp Tak Boros Baterai

Matikan Fitur Auto Download

Dalam fitur aplikasi pesan instan ini memiliki banyak kelebihan salah satunya auto Download foto, video atau dokumen. Hal ini memang secara default diatur oleh pihak perusahaan, namun kamu bisa mensiasati untuk tidak download secara otomatis. Karena kalau kamu atur otomatis maka akan boros baterai dan juga memori ponsel cepat habis, terkadang foto atau video kurang penting terdownload otomatis.

Baca Juga : Tips Kirim Email Terjadwal Via Gmail

Cara Matikan Fitur Auto Download

Pertama, kamu membuka aplikasi WA tersebut, setelah itu klik 3 titik bagian kanan atas. Setelah itu kamu bisa pilih Setelah atau Pengaturan.

Cara Matikan Fitur Auto Download

Kedua, kemudian kamu bisa memilih Penggunaan data dan penyimpanan, usai itu pilih menu bagian unduh otomatis media. Disitu nanti akan tiga menu dan bisa pilih semuanya dan klik tidak ada media yang didownload meskipun menggunakan WIFI atau paket data.

Matikan atau Bisukan Group

Pada langkah ini juga bisa untuk menghemat baterai ponsel jika menggunakan aplikasi pesan instan ini. Banyak sekali group yang menggunakan aplikasi ini untuk menyatukan teman lama ataupun parter bisnis, supaya mudah untuk komunikasi dari teman satu ke teman yang lain atau membahas hal yang sangat penting.

Matikan atau Bisukan Group

Caranya :

Pertama, buka WhatsApp Group, setelah itu klik 3 titik dibagian kanan atas. Usai itu kamu bisa pilih Bisukan Notifikasi.

Baca Juga : Cara Mengintip Instagram Story Agar Tidak Ketahuan Pemiliknya

Kedua, setelah kamu membisukan notifikasi maka kamu disuruh pilih 8 jam, 1 minggu atau 1 tahun untuk kurun waktu bisukan notifikasi tersebut. Jadi kalau kamu sudah aktifkan menu ini maka bisa menghemat baterai karena notifikasi atau bunyi nada dering sunyi.

Log Out WhatsApp Web

Sekarang aplikasi pesan instan ini sudah bisa disambungkan dengan PC dengan WhatsApp Web dan pemindahannya menggunakan Barcode. Hal ini juga bisa menjadi salah satu pemborosan baterai, karena mereka tersambung terus kalau tidak log out. Begini cara log outnya:

Cara Log Out WhatsApp Web

Pertama, buka aplikasi WhatsApp milikmu.

Kedua, tap ikon 3 titik pada bagian pojok kanan atas dan pilih menu WhatsApp Web.

Ketiga, kamu nanti akan diarahkan menu selanjutnya dan pilih Log Out from all device. Selesai

Itulah beberapa cara supaya WhatsApp tidak boros baterai dan aplikasi lebih ringan serta kapasitas juga tidak terlalu besar. Kamu juga bisa sering-sering hapus data di pengaturan, namun bahanya kalau ada chat penting harus kamu backup dulu sebelum hapus data. Karena hapus data akan hilang semua chat baru, namun juga bisa dipulihkan tetapi tidak 100% ada lagi. Semoga informasi ini membantu kamu untuk pecahkan masalah dengan salah satunya boros baterai smartphone.

Elok Suci

Kerjasama yang baik adalah saling mendukung. Ayo dukung kami dengan membaca artikel terbaru setiap harinya di statusgue.com

Leave a Reply

Close Menu