Cara Hemat Kuota Internet Menggunakan WhatsApp

Kuota data atau paket data merupakan salah satu nyawa smartphone untuk tersambung ke internet. Kali ini akan membahas tentang cara hemat kuota internet menggunakan WhatsApp, apakah benar ada tiga cara untuk menggunakan fitur hemat kuota pada WhatsApp tersebut?

Memang sering kali terngiang dipikiran kita bahwa paling banyak menghabiskan kuota yaitu Instagram dan Youtube. Namun perlu kamu ketahui bahwa setiap aplikasi memiliki penyedotan kuota yang berbeda, apalagi kalau sering kali kalian gunakan untuk komunikasi seperti halnya WahtsApp ini. Tetapi tenang saja, sekarang bisa kamu minimaliskan dalam penggunaan kuota data pada aplikasi pesan instan ini.

Inilah Cara Hemat Kuota Internet Menggunakan WhatsApp

Mengurangi Penggunaan Data Panggilan

Bila kamu sering melakukan telepon menggunakan aplikasi ini maka kuota kamu akan membengkak setiap bulannya, apalagi kalau menggunakan video call. Lantas bagaimana cara mengatasi kuota data supaya tidak terlalu boros pada saat melakukan telpon atau video call?

Pertama kamu bisa masuk pada aplikasi WhatsApp ->pilih titik tiga sebelah kanan->masuk ke pengaturan atau settings->data and storage usage

Baca Juga : Cara Aktifkan Mode Malam Pada Facebook Messenger

Kedua, lakukan scroll kebawah untuk temukan pengaturan panggilan. Setelah itu geser pada “low data usage” hal ini digunakan untuk hemat pengeluaran data pada saat melakukan panggilan.

Kalian bisa langsung coba dan caranya cukup mudah bukan? Perlu kamu ketahuia bahwa dengan mengaktifkan pengurangan kuota data ini maka akan berpengaruh pada kualitas suara pada saat telpon. Namun dengan pengurangan kualitas tersebut kalau masih bisa diterima maka kalian wajib aktifkan fitur ini untuk menghemat kuota.

cara hemat kuota internet menggunakan whatsapp

Pengaturan Backup Data

Backup data ini sebagai sarana untuk menyimpan pesan WA kamu supaya tetap tersimpan aman meskipun ganti HP. Dengan kalian melakukan backup data maka bisa login WA ke ponsel lain tanpa kehilangan datamu yang sudah kamu simpan.

Melakukan backup ini memang sebenarnya proses upload data ke cloud. Tetapi jangan cemas dulu, kamu bisa merubah pengaturannya supaya data tidak semakin melambung tinggi. Begini caranya:

Pertama, buka WA dan klik icon titik tiga, kemudian pilih pengaturan

Kedua, pilih opsi chats, disana kamu akan bisa langsung melakukan pengaturan backup, wallpaper dan history

Baca Juga : Cara Membuka Instagram Di Laptop atau PC ( Seperti di HP )

Ketiga, pilih icon cloud atau chat backup

Keempat, kamu akan disuruh memilih diantaranya Never, Only when I tap back up, Daily, weekly, monthly. Kamu bisa memilih Never atau Only when I tap backup supaya tidak back up secara otomatis.

Kelima, scroll kebawah maka kamu akan temukan opsi back up over. Dimana disini kamu akan melakukan backup data menggunakan WIFI dan WIFI or celluler, maka bisa pilih WIFI saja.

Keenam, ikuti langkah tersebut supaya kamu bisa melakukan backupda data secara manual dan tidak membebani penggunaan data yang berlebihan.

Non-Aktifkan Auto Download

Fitur ini memang sering kali terjadi karena pengaturan awal memang selalu memilih pengaturan seperti itu. WA bisa mengirim video, gambar, audio dan dokumen, oleh karena itu sering kali terjadi bahwa teman kamu mengirim gambar atau hal lainnya maka langsung ke download. Disitulah pembengkakan kuota data lebih banyak dibandingkan chatting biasa. Bagaimana menanggulanginya?

Langkah pertama, buka aplikasi WhatsApp, pilih ikon titik tiga -> pilih settings atau pengaturan

Langkah kedua, masuk pada opsi data and storage usage

Langkah ketiga, pilih when using mobile data. Disana aka nada kotak kecil yang terdiri dari Photo, Auido, Videos, Documen. Pastikan kotakan kecil tidak kamu centang supaya tidak download secara otomatis. Kalau kamu tidak ingin memori HP terlalu penuh juga maka bisa mengatur hal ini pada opsi ‘When Connected on WIFI’ dan ‘When roaming’.

Itulah beberapa cara hemat kuota internet menggunakan whatsapp yang perlu kalian perhatian. Memang tampak sepele namun masih banyak orang yang belum mengetahui hal ini dengan seksama. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan juga ilmu pengathuan kamu pada aplikasi pesan instan dari anak perusahaan facebook ini.

Elok Suci

Kerjasama yang baik adalah saling mendukung. Ayo dukung kami dengan membaca artikel terbaru setiap harinya di statusgue.com

Leave a Reply

Close Menu